Tips Berbelanja Secara Online

Penting sekali untuk menerapkan langkah-langkah aman ketika berbelanja secara online. Perangkat apapun yang terhubung ke Internet, termasuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet perlu dijaga keamanannya. Terutama selama periode ramai-ramainya akses internet, seperti musim liburan ataupun maraknya diskon besar. Pelaku cyber crime dapat menargetkan Anda pada saat itu juga. Anda harus waspada terhadap link yang mungkin mengecoh Anda untuk melakukan pembelian, ataupun memberikan laman palsu yang tampilannya hampir mirip dengan website aslinya. Anda seharusnya berhati-hati ketika diminta untuk memasukkan deskripsi kartu kredit Anda atau meminta status pesanan Anda secara online. Pastikan lihat secara detail website online shop yang Anda kunjungi, apakah itu website asli atau bukan. Terkadang halaman website palsu hampir sama dengan website aslinya, mulai dari nama dan logonya. Hati-hati saat Anda melihat penawaran iklan yang memberikan diskon yang tidak normal. Lakukan transaksi dengan memperhatikan keamanan website yang Anda kunjungi, pikirkan tentang konsekuensi dari transaksi Anda secara online dan kemudian nikmati kemudahan berbelanja secara online. Ingatlah tips ini selama Anda melakukan pembelian online.



Tips Berbelanja Secara Online:

Lakukan pengamatan: Ketika Anda pertama kali menggunakan situs web tersebut untuk melakukan pembelian, baca ulasan dan lihat apakah konsumen lain memberikan pengalaman positif atau negatif tentang website, dengan kata lain review pelanggan terhadap website tersebut.
Jika ragu, keluarlah, cari website online shopping yang lebih terjaga keamanannya. Link dalam email, posting dan teks sering menjadi cara para pelaku cyber crime di dunia maya untuk melakukan kejahatan. Mereka mencoba untuk mencuri informasi atau menginfeksi perangkat Anda.

Informasi pribadi seperti uang: Ketika melakukan pembelian secara online, waspadalah terhadap jenis form pengisian yang Anda lakukan untuk melakukan transaksi pembelian. Anda hanya perlu mengisi field yang diperlukan di form pengisian.

Gunakan opsi pembayaran yang aman: Kartu kredit umumnya menjadi pilihan paling aman karena dengan menggunakan kartu kredit memungkinkan pembeli untuk melihat apakah transaksi pembelian produk tersebut berhasil atau tidak sesuai dengan apa yang Anda lakukan.

Lindungi uang Anda: Saat berbelanja, pastikan bahwa website tersebut menerapkan sistem keamanan. Carilah alamat web dengan https: // yang nantinya akan menunjukkan langkah-langkah tambahan untuk membantu mengamankan transaksi pembelian Anda.

Beberapa pusat perbelanjaan dan lokasi lainnya bisa melacak Wi-Fi atau Bluetooth yang diaktifkan untuk melacak transaksi Anda saat perangkat Anda berada dalam jangkauan. Nonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth jika tidak digunakan.

Ketika menggunakan hotspot Wi-Fi: Batasi informasi Anda seperti pada saat terhubung dengan koneksi Wi-Fi umum, ketika login ke account utama seperti email dan perbankan. Sesuaikan pengaturan keamanan di perangkat Anda untuk membatasi siapa saja yang dapat mengakses perangkat Anda.


Tips Keamanan:

Jaga perangkat Anda dari virus: Pastikan semua perangkat yang terhubung ke Internet - Termasuk PC, smartphone dan tablet terbebas dari malware dan infeksi virus dengan menggunakan versi terbaru untuk perangkat lunak Antivirus dan aplikasi Anda yang lain.

Lakukan dua langkah pengamanan: Aktifkan otentikasi dua langkah - juga dikenal sebagai verifikasi dua langkah atau otentikasi multi-faktor.

Buatlah password yang lebih baik: Jika password yang Anda gunakan lemah atau terdiri dari beberapa huruf saja, tingkatkanlah keamanannya dengan menambahkan huruf BESAR, an9k4 dan s!mb()l. Gunakanlah password yang berbeda untuk setiap akun.


EmoticonEmoticon